KARAKTER

Sejak manusia ditakdirkan untuk lahir ke dunia kita memang sudah memiliki karakter
sifat dasar yang merupakan warisan bawaan dari orang tua. Karakter
setiap individu tidaklah sama antara yang satu dengan yang lainya.
Ada org yang mempunyai karakter baik seperti: lembut, penyayang, jujur,
tekun, dan lain-lain. Tapi ada juga orang yang memiliki karakter yang
kurang baik seperti keras kepala, pemarah, pembohong, penakut, dan
sebagainya.

Memang manusia memiliki karakter atau sifat dasar yang dibawanya sejak lahir.
Namun banyak orang berpola pikir bahwa karena karakter itu merupakan
bawaan secara kodrati sehingga karakter itu tidak bisa dirubah atau
diperkuat lagi. Apakah pendapat ini sepenuhnya benar? Dari kecil saya
hidup di tengah-tengah keluarga yang serba berkecukupan dari segi
ekonomi sehingga banyak fasilitas dan pelayanan-pelayanan yang dapat
saya nikmati. Salah satu pelayanan yang saya dapatkan adalah pelayanan
oleh pembantu yang ada di rumah. Dia menyediakan segala apa yang saya
perlukan, memenuhi segala permintaan yang saya inginkan seperti:
mengambilkan saya segelas air keika saya haus, menyiapkan baju jika
saya mau mandi, membukakan pintu ketika saya masuk ke pintu rumah. Jika
ia tidak melaksanakan tugasnya dengan baik maka ia pasti akan dipecat.
Oleh karena saya biasa dilayani oleh pembantu tersebut maka saya tumbuh
menjadi manusia yang pemalas dan suka memerintah. Saya menjadi terlena
oleh pelayanan itu sehingga tidak pernah mau belajar membiasakan diri
untuk bekerja.

Namun berbeda halnya dengan ketika saya duduk di bangku SMP dimana saya tidak
lagi di rumah tetapi tinggal di sebuah asrama putri. Di sana tidak ada
lagi pembantu yang bisa selalu melayani semua kebutuhan saya. Di sana
saya dituntut untuk bisa hidup mandiri. Kondisi yang saya hadapi di
rumah menjadi berlawanan dengan ketika saya di asrama. Di lingkungan
yang baru saya dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan segala
peraturan yang ada di sana, jika tidak saya akan ditolak oleh
lingkungan dan dikeluarkan dari asrama. Pada mulanya sulit bagi saya
untuk membiasakan diri hidup tanpa pelayanan. Tapi seiring dengan
berjalannya waktu, akhirnya saya menjadi terbiasa dengan pola kehidupan
tanpa pelayanan. Dan karena itu sekarang saya menjadi pribadi yang
berkarakter mandiri dan rajin. Mengapa karakter saya bisa berubah?

Pada awalnya segala sesuatu yang saya kerjakan adalah karena keterpaksaan.
Saya terpaksa memutuskan untuk merubah pola hidup saya yang suka
menggantungkan diri pada orang lain menjadi orang yang mandiri agar
tidak ditolak oleh lingkungan dan bisa menyelesaikan sekolah tingkat
SMP dengan baik demi tercapainya masa depan yang cerah dengan cara
membiasakan diri untuk melakukan segala sesuatunya sendiri.

Karakter adalah merupakan hasil dari cara kita berpikir dan berperilaku.
Karakterter dimulai dari pola pikir yang kemudian diwujudkan dalam
tindakan, yang bila dilakukan secara terus-menerus akan menjadi suatu
kebiasaan.

Karakter yang baik tidak timbul dengan sendirinya. Untuk dapat mempertahankan
dan mengembangkan karakter, yang harus kita lakukan adalah membentuk
pola pikir, tingkah laku, dan kebiasaan pribadi kita. Dan untuk dapat
melakukan pembentukan pribadi agar berkarakter baik, kita harus berani
menentukan pilihan untuk mau berubah dimana pilihan itu benar-benar
berasal dari dalam diri kita. Dan perlu diingat bahwa proses
pembentukan ini berlangsung seumur hidup.

Dengan demikian karakter itu berakar dari kebiasaan. Hanya saja sekarang yang
perlu ditanyakan pada diri setiap individu bukanlah bisa atau tidak
bisa tetapi mau atau tidak Anda untuk merubah, mempertahankan,
mengembangkan karakter yang ada pada diri anda saat ini?

Oleh: Febe Kurniasari W

Tinggalkan Balasan

