Membuat Makanan Diet Yang Enak

Diet sering diasosiasikan dengan varian makanan yang tidak enak. Padahal anggapan ini tidaklah benar karena dengan sedikit kreativitas, makanan diet bisa memberi kenikmatan dua kali lipat. Kenikmatan pertama, adalah cita rasa yang enak dan menggugah selera. Kenikmatan kedua, adalah manfaat kesehatan dan bonus penampilan yang lebih baik di segala usia.

Berikut ini adalah beberapa tips membuat makanan diet yang enak dan mudah disiapkan:

  1. Gunakan rempah-rempah
    Indonesia adalah negara yang kaya rempah-rempah. Masih ingat dalam ingatan pelajaran sejarah, negeri tercinta ini pernah dijajah 350 tahun karena kekayaan rempah-rempahnya. Lepaskan diri dari belenggu penjajahan makanan diet yang tidak enak dengan menggunakan rempah-rempah yang harum dan bermanfaat untuk kesehatan.
  2. Cari pengganti yang lebih rendah kalori
    Beberapa bahan makanan populer memiliki pengganti yang lebih rendah kalori. Misalnya santan yang biasa digunakan untuk kari/rendang bisa digantikan dengan susu atau yoghurt rendah lemak. Demikian halnya dengan keju, mayonnaise, cheese spread yang rendah lemak dan pemanis rendah kalori.
  3. Tumis tidak harus dengan minyak banyak
    Dalam menumis, biasanya dituangkan minyak yang banyak membuat makanan yang seharusnya sehat menjadi kurang sehat. Menumis bisa menggunakan cooking spray yang rendah kalori atau diakali dengan cara menuangkan minyak goreng ke tissue yang kemudian dioleskan tipis pada permukaan panci/kuali. Dengan demikian makanan lebih rendah kalori tanpa mengurangi cita rasa. Bahkan dalam beberapa hal, menumis cukup dengan menggunakan air.
  4. Hindari pengolesan/penambahan minyak/mentega
    Berbagai makanan yang dibakar seperti ikan atau ayam bakar sudah sangat enak tanpa harus diolesi mentega. Demikian dengan roti gandum yang bisa langsung dimakan sebagai roti lapis (dengan sayuran dan daging/telur).

Ade Rai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: