Gunting

Untuk memotong kertas, plastik, maupun kain akan lebih mudah jika kita menggunakan gunting. Dengan menggunakan gunting, potongan pun akan terlihat rapi. Kita tinggal mengarahkan gunting tersebut sesuai dengan keinginan… kres..kres…semua akan lebih terlihat rapi. Mudah bukan? Ya, kemudahan seperti ini yang didambakan Robert Hinchliffe sehingga menjadi inspirasi dirinya untuk menciptakan gunting yang kini banyak dipakai orang.

Pada tahun 1761, Robert Hinchliffe menciptakan gunting modern yang kini sudah mendunia. Warga Inggris Raya ini merasa akan lebih praktis memotong jika alat potongnya dapat dimasukkan di jari tangan. Untuk itu ia menciptakan pisau yang di bagian tengah bawah memiliki bulatan yang dapat dimasukan ke jari tangan yang kini dikenal dengan nama gunting.

Kemudian Hinchliffe membuka kedai untuk menjual gunting temuannya di Cheney Square, London. Ia memasang papan tanda yang bertulisan “pembuat gunting paling baik” saat itu. Sejak saat itu, maka kemudian penggunaan gunting makin meluas. Pada tahun 1830 gunting mulai menyebar luas di Eropa.

Meski begitu, sebenarnya jika ditelusuri jejak penggunaan gunting pertama di dunia, awalnya sudah ada pada masa purba. Tepatnya-menurut salah satu versi sejarah-gunting pertama dipakai pada abad 15 sebelum masehi di Mesir. Namun, gunting pada masa tersebut hanya terlihat seperti dua buah pisau yang dijadikan satu.

Mencari kemudahan untuk memotong sesuatu menjadi inspirasi bagi Robert Hincliffe untuk menciptakan gunting. Berbagai upaya dilakukan hingga ia mampu menciptakan pisau yang kemudian dikenal sebagai gunting. Barangkali, inspirasi dari kesulitan seperti yang dialami Robert Hincliffe bisa juga terjadi pada Anda. Siapa tahu, Anda akan dikenal sebagai inovator kelas dunia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: