Cara berpikir cepat dan sehat


Tahukah anda Otak manusia pada dasarnya adalah sebuah komputer biologis yg butuh nutrisi, oksigen, banyak latihan. Ada beberapa cara untuk melatih kerja otak Anda namun yang pasti tidak merubah cara berpikir Anda seperti layaknya Einstein, namun hal ini juga bukan alasan untuk tidak membuat otak Anda menjadi lebih baik.

1. Gunakan dosis EPA secukupnya EPA adalah minyak ikan yang merupakan nutrisi bagi otak, Anda semua tentunya sudah mengetahuinya. Banyak peneliti mengatakan bahwa minyak ikan dapat peningkatan aktivitas pada otak kita, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi sehingga kerja otak Anda semakin maksimal.

2. Hubungan Seks secara teratur Hubungan seks secara teratur dapat melepaskan senyawa kimia yang dapat meningkatkan kinerja otak, menurut sumber dari buku yang berjudul “Teach yourself. Training your brain” yang ditulis oleh seorang Dosen Senior sekaligus ahli Biologi. Seks merupakan bentuk sempurna untuk menyokong kinerja Otak, dan juga dapat meningkatkan peredaran darah ke otak sehinggga dapat mengurangi beban pikiran Anda karena stress.

3. Melatih Otak dengan teka teki Teka-teki silang, Sudoku dll. sesungguhnya dapat memaksimalkan otak Anda agar tetap pada kondisi terbaik. Seperti halnya otot-otot yang Anda miliki, jika Anda tidak berlatih secara reguler maka otot-otot yang Anda miliki akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

4. Pergi berjalan kaki Berjalan kaki mencari udara udara segar dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Anda bisa melakukan ini pinggiran kota , dekat sungai atau taman dan ini akan membantu Anda menyingkirkan tekanan mental dan membantu pikiran Anda tetap jernih.

5. Mempelajari bahasa baru Mempelajari bahasa baru akan membuat otak Anda mendapatkan sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun seperti artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan yang pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik. Jadi cepat buruan mempelajara bahasa-bahasa baru yang ingin Anda pelajari.

6. Banyak Tertawa Banyak tawa bukan saja merupakan obat yang terbaik untuk kesehatan, tertawa juga dapat meningkatkan fungsi kerja otak Anda dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya. Asal jangan tertawa sendiri tanpa sebab…

7. Menjadi Orang yang kreatif Belajar melukis atau mempelajari alat musik yang baru bersama orang lain atau Anda bisa bergabung dengan kelas kesenian memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

8. Belajar Melempar Penelitian dari Universitas Regensburg di Jerman menunjukkan bahwa seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama 3 bulan, otak seseorang akan menunjukan peningkatan signifikan pada 2 bagian yaitu : mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri. Melempar bukan hal yang mudah itu pun harus di ikuti latihan secara rutin teratur.

9. Melihat kembali sifat kekanak-anakan Anda Einstein pernah berkata bahwa imajinasi yang Anda miliki itu lebih penting dari pada pengetahuan yang Anda ketahui itu pun telah dibuktikan dengan beberapa eksperimen yang akhirnya bisa menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2). Jadi latihlah imajinasi Anda seperti semasa kecil Anda dulu.

Hidup sehat diawali dengan berfikir sehat

Hidup sehat akan memungkinkan kita untuk hidup bahagia lalu bagaimana memulainya? Start nya adalah berfikir sehat, ya dengan berfikir sehat kita sudah meringankan beban pikiran dan perasaan/phiskologis kita dan itu merupakan modal dasar yang utama. Tentunya disetiap langkah hidup kita menetapkan target baik untuk pribadi atau organisasi, yang sering menjadi beban adalah bila target itu tidak terpenuhi, bagi mereka yang berfikir sehat kondisi seperti ini tidak terlalu membebani pikirannya sehingga dapat berfikir jernih dan mengevalusi faktor-faktor penyebab kegagalan, tapi bagi mereka yang berfikir sempit kondisi seperti ini akan sangat membebani pikiran dan perasaan sehingga akan terbelenggu oleh keresahan dan akhirnya tidak dapat berfikir jernih dan tidak dapat mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Cara berfikir sehat ?

Tanamkan dalam diri kita bahwa disemua sisi kehidupan sudah diatur oleh sang pencipta langkah awal tentu kita berencana lalu berusaha yang diiringi dengan doa dan lihat hasilnya, kurang lebihnya dari yang kita dapat harus disyukuri.itu yang namanya berserah diri pada pencipta dan pandai berterima kasih atas yang kita terima kemudian tidak lupa meyakini bahwa pertama semua hasil telah ditentukan olehNya kedua bahwa dari setiap peristiwa terdapat pelajaran hidup yang dapat dipetik sebagai pengalaman hidup.ingatlah factor utama penyebab stress adalah bahwa kita menganggap semua itu bersumber dari kita (ego centris) padahal di setiap langkah kita tidak lepas dari pengawasan Nya Kadang kita berfikir seandainya sebuah rencana berhasil itu karena hasil kerja kita seandainya gagal juga dari diri kita padahal semua sudah diatur, ada campur tangan pencipta pada setiap langkah kita. Sang pencipta sudah menggariskan hukum sebab akibat tapi juga ada kejadian yang tidak dapat dijelaskan oleh hukum itu. Semua itu karena Dia ingin menunjukkan kekuasaanNya Dengan dasar pemikiran ini dapat kita lihat beberapa mahluk hidup dari banyak aspek dari banyak jenis tumbuhan dan hewan ada yang bisa kita ambil manfaatnya(sapi,kambing,pohon kelapa dll), ada yang dapat diambil manfaatnya hanya sebagian kecil saja (alcohol) atau mungkin tidak ada manfaatnya bagi kehidupan kita secara langsung tapi tetap dibihkan dalam menjaga keseimbangan alam contohnya Babi, mungkin tembakau/rokok termasuk didalamnya), lalu kalau ada yang bertanya kenapa diciptakan kalau tidak ada manfaatnya ? dan kenapa tidak dimusnahkan saja padahal mampu? Jawabannya adalah mereka semua ada untuk menguji keimanan atau ketaatan pada sang pencipta, sehingga pada suatu waktu kita hanya cukup menuruti perintahNya tanpa perlu bertanya kenapa atau buat apa.cukup jalankan dan selesai.

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: